7 Solusi Rumah Paling Efektif Untuk Kudis

Kudis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Sarcoptes scabiei adalah tungau parasit yang menyerang dan menyerang kulit sehingga menyebabkan penyakit kulit ini. Gejala kudis meliputi gatal dan ruam seperti jerawat. Rasa gatal biasanya menjadi parah di malam hari. Setiap orang bisa terkena kudis dan penyakit ini biasanya menyebar melalui kulit langsung ke kontak kulit dengan orang yang terinfeksi. Kudis kudis hanya bisa bertahan tanpa kontak manusia selama 48-72 jam. Tapi begitu tungau itu pada manusia, mereka bisa bertahan selama hampir 2 bulan. Gejala biasanya memerlukan waktu dua sampai enam minggu untuk menunjukkan kapan seseorang terinfeksi untuk pertama kalinya. Ketika seseorang mengembangkan infeksi ini untuk kedua kalinya, gejalanya mungkin dimulai dalam satu hari. Ruam biasanya terlihat di sekitar pergelangan tangan, siku, jaring jari, kulit di sekitar kuku dan bokong.

Hasil gambar untuk kudis

Kudis biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk. Kudis berkerak biasanya terlihat pada orang tua dan orang yang sudah memiliki sistem kekebalan tubuh terganggu akibat HIV atau kanker.

Beberapa pengobatan di rumah sederhana yang bisa berguna untuk menyingkirkan gejala kudis:

  • Neem

Neem adalah satu pohon obat dengan banyak manfaat. Pasta neem dan kunyit terbukti sangat membantu kudis. Bahkan minyak nimba pun bisa membantu memberikan kelegaan.

  • Minyak Cengkeh

Peneliti telah menemukan bahwa minyak cengkeh membantu menyingkirkan kudis karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Tapi, para ahli menyarankan agar tidak menggunakan minyak cengkeh dalam bentuknya yang tidak diencerkan. Sebagai gantinya, campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit Anda sebelum mandi. Lakukan ini selama 2-3 minggu.

  • Kunyit

Kami telah menyebutkan di atas bagaimana kunyit membuat obat rumah yang sangat baik untuk kudis saat dicampur dengan minyak nimba. Berikut adalah cara lain untuk menggunakan kunyit untuk menghilangkan rasa gatal yang parah. Tambahkan beberapa tetes jus lemon ke satu sendok makan kunyit dan buat pasta halus sebelum mengaplikasikannya. Oleskan pasta dan biarkan sebentar dan bersihkan.

  • Cuka Putih

Campurkan cuka putih dan air secukupnya secara menyeluruh dalam mangkuk. Gunakan bola kapas untuk menerapkan solusinya pada kulit yang terkena dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi tiga kali sehari selama 10 sampai 15 hari untuk melawan infeksi sepenuhnya. Cuka putih memiliki sifat asam yang membantu mengubah tingkat pH kulit dan perubahan tingkat pH menyebabkan tungau mati.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat obat yang bisa mempercepat proses penyembuhan kudis. Oleskan gel aloe vera segar ke kulit yang terkena. Biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari dan Anda akan mulai memperhatikan adanya perbaikan pada kondisi kulit.

  • Pemutih

Pemutih membantu membunuh tungau. Campur satu bagian pemutih dan empat bagian air dan semprotkan larutan ini ke area yang terkena dampak dua kali sehari. Ulangi prosesnya selama beberapa hari.

  • Curd dan Ikan

Sertakan dadih dan ikan dalam makanan Anda, mereka terbukti melegakan dari semua rasa gatal dan gatal.

Ini adalah beberapa solusi rumah sederhana dan mudah tersedia yang akan membantu Anda mengurangi gatal dan ruam yang terkait dengan kudis. Dr. Deepali juga menyarankan untuk mandi dua kali sehari dengan sabun transparan yang mengandung gliserin dan memakai pakaian linen.

7 Solusi Rumah Paling Efektif Untuk Kudis